Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Beberapa Fungsi Tepung Maizena

Maizena merupakan tepung yang dihasilkan dari pati jagung. Tepung ini biasanya berwarna putih, lebih putih dari tepung terigu. Namun, selain digunakan sebagai campuran untuk pembuatan kue kering agar terasa semakin renyah, tepung maizena juga memiliki banyak fungsi. Berikut uraiannya.

Menjaga Makanan Agar Tidak Mudah Gosong

Sebagian orang mungkin pernah mengalami menggoreng makanan sampai gosong. Hal ini bukan karena disengaja, melainkan suatu ketidaksengajaan karena hal tertentu. Mungkin saja karena ditinggal untuk melakukan pekerjaan yang lainnya.

Tepung Maizena

Nah, pati jagung ini bisa menjadi solusi yang sangat direkomendasikan untuk mengantisipasi gosong pada makanan. Caranya, sebelum masuk ke penggorengan, terlebih dahulu lumuri makanan tersebut dengan tepung yang satu ini.

Selain membuat makanan terasa semakin lezat, tepung ini juga akan menjaga makanan saat digoreng agar tidak mudah gosong. Selain itu, tekstur dari makanannya pun juga akan lebih renyah.

Mengentalkan Masakan

Pati jagung merupakan salah satu tepung yang kerap kali dipakai untuk mengentalkan masakan, misalnya saat membuat saus atau masakan berkuah lainnya. Cara menggunakan pati jagung sebagai pengental masakan juga sangat mudah.

Anda tinggal melarutkan tepung dengan air. Kemudian, campuran larutan tepung ke dalam masakan dan aduk sampai merata.

Campuran Bahan Membuat Bubur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fungsi dari pati jagung adalah untuk mengentalkan. Untuk itu, tepung ini juga bisa dijadikan sebagai bahan campuran ketika membuat bubur. Apalagi jika digunakan untuk campuran bubur bayi. Teksturnya yang halus akan lebih mudah dicerna oleh bayi.

Merenyahkan Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan favorit banyak orang. Harus Anda tau, rasa renyah gorengan dihasilkan dari tepung maizena. Mau menikmati kentang goreng yang renyah seperti di restoran bintang lima?

Tidak perlu repot membelinya, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Potong-potong kentang menyerupai stik, kemudian rendam dengan bumbu.

Sebelum digoreng, taburi kentang tersebut dengan pati jagung. Pati jagung akan menjaga kelembapan kentang sehingga rasanya akan terasa lebih renyah.

Masker Wajah

Selain sebagai bahan campuran dalam masakan, tepung yang satu ini juga bisa digunakan untuk perawatan wajah, yaitu sebagai masker. Pati jagung akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Dengan demikian, wajah tidak akan mudah berjerawat.

Caranya cukup dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Namun, campuri juga dengan bahan lainnya, seperti lemon, madu atau minyak zaitun. Gunakan masker tersebut secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Mengatasi Lepek pada Rambut

Rambut lepek merupakan keadaan yang membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri. Namun kali ini Anda tidak perlu khawatir. Pati jagung juga bisa berfungsi mengatasi rambut lepek. Caranya yaitu, campur pati jagung dengan minyak esensial.

Kemudian, aplikasikan campuran kedua bahan tersebut ke rambut Anda. Gunakan secara rutin dan rambut akan terlihat lebih bervolume.

Membantu Menghilangkan Debu pada Perabotan Rumah

Menyimpan perabotan dalam lemari bukan berarti terjaga dari debu. Debu-debu tetap akan menempel jika perabotan disimpan terlalu lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan pati jagung. Campur pati jagung dengan cuka. Kemudian, simpan dalam botol semprot.

Semprot-semprotkan larutan tersebut ke perabotan yang tampak berdebu. Debu-debu yang menempel akan hilang dengan sendirinya. Perabotan pun terlihat bersih seperti baru.

Apabila ditelisik lebih dalam, tepung maizena memang memiliki banyak fungsi. Dari beberapa macam fungsi yang telah disebutkan, mana yang baru Anda ketahui? Secara umum, pati jagung memang menjadi bahan makanan, padahal sebenarnya bisa digunakan untuk yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Mengenal Beberapa Fungsi Tepung Maizena"